KOMPONEN DAN PERLENGKAPAN PENTING MOBIL UNTUK BERKENDARA (2)


Komponen dan Perlengkapan Penting Mobil untuk Berkendara (2)

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan lima komponen penting mobil, yaitu aki, radiator, rem, transmisi, dan suspensi. Setelah mengetahui lima komponen penting tersebut, kali ini kami telah menyiapkan lima komponen penting lainnya pada mobil. Lima komponen ini, yaitu alternator, Engine Control Unit, wiper, fuel injector, dan sistem kemudi.

1.     Alternator

Istilah sehari-hari untuk komponen mobil ini, yaitu dinamo. Dinamo berbeda dengan aki, tapi keduanya saling memiliki ketergantungan satu sama lain. Oleh karena itu, alternator masuk ke dalam komponen penting. Alternator menjadi pembangkit listrik untuk setiap komponen dan ornamen mobil yang membutuhkan pasokan arus listrik, seperti sistem pendingin, penerangan, Begitu pentingnya komponen ini bagi mobil karena jika alternator bermasalah, maka suplai kelistrikan mobil tidak akan berjalan baik. Salah satu cara untuk menjaga performa alternator, yaitu dengan menjaga keorisinalitasan setiap komponen yang membutuhkan suplai listrik, dengan begitu pasokan listrik terganggu.

 2.     Engine Control Unit (ECU)

Mobil keluaran saat ini dilengkapi dengan berbagai komponen yang sudah dikomputerisasi. Salah satunya ECU ini. Layaknya sebuah CPU di komputer, ECU juga mempunyai fungsi yang serupa, yaitu berfungsi sebagai sirkuit utama dalam sebuah perangkat, yang dalam hal ini, yaitu mobil. Dengan kata lain, ECU menjadi pusat kontrol untuk berbagai komponen mobil, di antaranya injector, VVT, dan electric fan. Oleh karena ECU merupakan sebuah sistem, maka tidak bisa bekerja sendiri. Terdapat komponen lain yang berkaitan dengan ECU, di antaranya Engine Control Module (ECM), Powertrain Control Module (PCM), Body Control Module (BCM), Transmission Control Module (TCM), ABS Control Module, HVAC Control Module, dan Airbag Control Module.

 3.     Wiper

Komponen yang terdapat pada setiap mobil ini memiliki fungsinya secara lebih saat musim hujan seperti saat ini. Komponen yang menarik daya dari aki ini, mempunyai peran sebagai pembersih kaca mobil dan penjaga visibilitas pengendara di saat hujan turun. Pentingnya komponen ini karena menyangkut keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Bisa dibayangkan saat hujan deras turun, tapi wiper mobil tidak ada, maka potensi kecelakaan akan mengintai setiap pengendara karena terbatasnya jarak pandang.

 4.     Fuel injector

Komponen ini merupakan pengganti karburator pada sebuah mobil yang lahir di era sekarang. Suplai bahan bakar yang sebelumnya terdapat pada sistem karburator kurang bisa dikontrol secara presisi, dengan lahirnya sistem fuel injector ini hal tersebut dapat tertangani. Dengan digunakannya komponen ini pada setiap mobil maka dapat berdampak positif pada sedikit-banyaknya penggunaan bahan bakar saat mesin mobil sedang hidup.

 5.     Sitem kemudi

Pada komponen ini lah terjadi kontak langsung antara pengendara dan mobil yang dikendarai. Di sini lah mobil akan diarahkan dan diperlakukan oleh pengendara. Sejak awal ditemukannya sistem ini belum terdapat banyak perubahan fungsinya, hingga sekarang. Di dalam sistem kemudi terdapat beberapa komponen, yang meliputi roda kemudi, poros kemudi, steering couplers, steering universal, dan pengatur ketinggian kolom kemudi.

Berdasarkan penjelasan di atas, itu lah komponen-komponen penting pada sebuah mobil yang seharusnya diketahui oleh setiap pemilik kendaraan atau pengendara. Dengan mengetahui setiap komponen yang ada di sebuah mobil, maka akan memudahkan pengendara dalam memperlakukan mobil terkait, terlebih jika terjadi sesuatu ketika berkendara. Selain harus mengetahui setiap komponen penting dalam mobil, pemilik mobil atau pengendara sebaiknya juga mengetahui tentang perlindungan mobil, yaitu asuransi mobil. Dengan melengkapi mobil dengan perlindungan asuransi kendaraan bermotor, maka rasa aman dan nyaman dalam berkendara akan lebih terjaga. Untuk menjawab kebutuhan akan rasa aman dan nyaman berkendara, RaksaOnline.com hadir untukmu. Dengan berbagai fitur asuransi yang disediakan, RaksaOnline.com siap menjadi pelindungmu dalam berkendara. Beli asuransi mobil? Ya, di RaksaOnline.com aja.