BAGIAN MOBIL YANG AKAN TERDAMPAK KARENA TERLALU LAMA DIDIAMKAN AKIBAT WFH


Bagian Mobil yang Akan Terdampak karena Terlalu Lama  Didiamkan Akibat  WFH

Pemerintah Indonesia masih menghimbau warganya untuk beraktivitas di rumah. Ini sebagai cara untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19 yang masih tinggi. Belajar di rumah, beribadah di rumah, dan bekerja di rumah (WFH) masih berjalan dan kini sudah memasuki pekan ketiga pelaksanaanya. Melakukan berbagai aktivitas di rumah secara langsung mengurangi mobilitas kita untuk keluar rumah, terutama jika menggunakan kendaraan pribadi, dan hasilnya mobil hanya berdiam di garasi.

Mendiamkan mobil berlama-lama ternyata akan berdampak buruk terhadap performa mobil itu sendiri. Akan ada beberapa spare part atau onderdil mobil yang terdampak akan hal tersebut. Kami telah merangkum beberapa bagian mobil yang akan berkurang perfomanya bahkan menjadi rusak jika mobil didiamkan terlalu lama.

1.     Aki

Sistem kelistrikan mobil menjadi hal yang utama agar mobil dapat tetap melaju dengan baik. Jika bagian ini mengalami kerusakan atau penurunan performa, maka kenyamanan dalam berkendara yang akan dipertaruhkan. Terlalu lama mendiamkan mobil atau tidak menyalakan mesin mobil, akan berdampak pada semakin melemahnya suplai arus listrik mobil, bahkan yang terburuk aki mobil bisa soak. Jika sudah seperti ini, maka penggantian aki yang menjadi jalannya. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu secara rutin – minimal 10 menit – memanaskan mesin mobil. Dengan melakukan hal itu, maka arus suplai listrik akan tetap terjaga, dan aki mobil tidak melemah powernya.

Selain dapat mempertahankan kondisi aki, memanaskan mobil secara rutin juga dapat menghindari mobilmu dari mesin kasar ketika dinyalakan, dan potensi mesin mobil akan menjadi sulit dinyalakan juga akan berkurang. Untuk memanaskan mobil tidak perlu atau tidak melulu mobil tersebut dibawa berkendara. Cukup nyalakan mesin mobil beberapa saat hingga proses pemanasan mesin mobil tersebut dirasa cukup.

 

2.     Sitem pengereman

Sistem pengereman juga menjadi bagian penting pada sebuah mobil. Sistem pengereman menyangkut faktor keamanan dalam berkendara. Jika terjadi masalah dengan bagian ini, maka potensi bahaya dalam berkendara akan mengancam pengendaranya. Sayangnya, jika mobil terlalu lama didiamkan akan berdampak juga pada sistem pengereman mobil ini. Ancaman rem akan berkarat yang paling mungkin terjadi. Adapun untuk mengatasi potensi buruk ini tidak terjadi, kamu dapat membawa mobil berjalan sebentar. Tidak perlu berkendara jauh, cukup di sekitar rumah saja, dan kamu tidak perlu melakukannya setiap hari.

 

3.     Tekanan angin ban

Selain faktor keamanan, faktor kenyamanan juga menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan dalam sebuah kendaraan. Menyangkut hal kenyamanan, salah satu yang harus diperhatikan, yaitu tekanan angin ban mobil. Terlalu lama didiamkan, akan berpengaruh terhadap tekanan angin ban mobilmu. Jika hal ini tidak diatasi, maka keseimbangan mobil ketika dibawa berkendara yang akan menjadi taruhannya.

 

4.     Sitem bahan bakar

Sitem bahan bakar mobil juga akan terdampak karena mobil terlalu lama didiamkan ketika WFH. Setidaknya terdapat dua kemungkinan, pertama akan tejadi endapan pada bahan bakar. Jika sudah seperti ini, maka kualitas bahan bakar mobilmu yang akan terancam. Untuk menyiasati hal ini tidak terjadi, kamu bisa menambahkan cairan atau zat aditif yang fungsinya untuk menjaga kualitas bahan bakar mobilmu tetap terjaga. Kemungkinan kedua, yaitu akan terjadi korosi pada tangki bahan bakar. Jika hal ini terjadi pada mobilmu, maka potensi terjadinya sumbatan pada saluran bahan bakar yang akan terjadi. Bahkan yang lebih parah, korosi tersebut akan membuat tangki bahan bakar menjadi bocor, dan akan memicu kebakaran saat mobil dinyalakan.

 

Empat hal di atas yang akan menjadi ancaman bagi mobilmu jika terlalu lama didiamkan, terlebih saat WFH seperti sekarang. Selalu cek keadaan mobilmu secara rutin, agar potensi dan risiko kerusakan pada mobil dapat terhindari. Jadi, ketika pandemi Covid-19 ini berakhir, mobilmu tetap bisa melaju seperti biasa, tanpa ada kerusakan yang mengintai. Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi mobilmu dengan asuransi mobil yang tepercaya. RaksaOnline dapat kamu jadikan pilihan sebagai pelindung mobilmu dari berbagai risiko yang mengancam. Dilengkapi dengan fitur asuransi terbaik, dan didukung dengan pelayanan yang prima, RaksaOnline tepat menjadi pilihan asurani mobilmu. Kemudahan dalam berasuransi juga menjadi salah satu nilai lebih dari RaksaOnline. Segera buka raksaonline.com untuk mengetahui keunggulannya. Beli asuransi mobil? Ya, RaksaOnline aja.