BEGINI ATURAN PENGGUNAAN MOBIL PRIBADI SELAMA MASA PSBB


Begini Aturan Penggunaan Mobil Pribadi Selama Masa PSBB

Pencegahan penyebaran Covid-19 masih terus digalakkan oleh berbagai pihak, salah satu program yang saat ini sedang dilakukan, yaitu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Jakarta menjadi salah satu daerah yang menjalani PSBB dalam beberapa waktu ke belakang. Kemudian, saat ini beberapa daerah lainnya juga telah menyusul Jakarta untuk menjalani program ini, di antaranya Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Pekanbaru.

 

Salah satu hal yang menjadi objek pembatasan, yaitu penggunaan kendaraan, baik itu kendaraan umum atau kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil. Pembatasan dalam hal ini bukan berarti kendaraan tidak diperbolehkan melintas di jalan atau dengan kata lain jalan ditutup. Selama PSBB jalan tetap dibuka, namun ada beberapa aturan yang diterapkan selama program ini dilaksanakan.

 

Pengendara yang tidak mematuhi aturan berkendara selama PSBB ini dilaksanakan, akan mendapat surat teguran dari kepolisian. Jika kamu merupakan pengendara mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berkendara selama PSBB ini diterapkan. Secara garis besar, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan saat mengendarai dan menaiki mobil, yaitu di antaranya menggunakan masker, memperhatikan kapasitas orang dalam satu mobil, dan suhu tubuh.

 

Penggunaan masker selama PSBB ini merupakan kewajiban bagi siapa pun, tak terkecuali pengendara dan penumpang mobil pribadi. Selain itu, dalam menggunakan masker sebaiknya mengikuti himbauan dari pemerintah, yaitu untuk lebih menggunakan masker kain daripada menggunakan masker bedah. Hal ini dikarenakan masker bedah yang lebih diprioritaskan penggunaannya untuk tenaga medis yang menangani Covid-19.

 

Selain itu hal yang harus diperhatikan oleh pengguna mobil pribadi, yaitu kapasitas dan aturan duduk di dalam mobil selama PSBB. Jika mobilmu merupakan mobil yang terdiri dari dua baris tempat duduk, kapasitas maksimal orang, yaitu tiga orang, dengan aturan satu pengendara di bagian depan, dan dua penumpang duduk di baris belakang. Hal yang serupa juga berlaku jika mobilmu merupakan mobil yang terdiri dari tiga baris tempat duduk. Satu orang duduk di depan sebagai pengendara, satu orang dua orang di bagian kursi tengah, dan satu orang lainnya duduk di bagian kursi belakang.

 

Terakhir, yaitu suhu badan. Pengendara yang diketahui bersuhu badan tinggi dilarang mengemudikan mobil. Selain sebagai salah satu aturan dalam PSBB ini, mengemudikan mobil dalam kondisi tubuh yang tinggi akan berdampak pada berkurangnya konsentrasi pengendara, dan hal ini justru akan membahayakan pengendara itu sendiri, penumpang mobil tersebut, dan pengendara mobil lainnya karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

 

Penggunaan mobil pribadi selama pelaksanaan PSBB ini juga tidak boleh sembarangan. Seperti yang telah tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI 33/2020, misalnya, yang mengatur tentang pembatasan penggunaan kendaraan pribadi. Penggunaan mobil selama PSBB hanya digunakan untuk membeli dan memenuhi kebutuhan pokok dan untuk mobilisasi tertentu. Mobilisasi yang diperbolehkan dengan menggunakan mobil pribadi, di antaranya memenuhi keperluan ke kantor pemerintah, kepentingan diplomatik, BUMN, dan BUMD. Selain itu penggunaan mobil pribadi juga diperbolehkan bagi tenaga medis, pangan, energi, komunikasi, keuangan, jasa logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, dan organisasi kebencanaan dan sosial.

 

Adanya beberapa aturan dalam berkendara selama PSBB ini dilaksanakan bukan tanpa alasan. Pemerintah dan berbagai pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini harus didukung dengan maksimal oleh warganya. Ikuti pedoman dan aturan yang telah ditetapkan agar kondisi ini cepat berlalu dan kita dapat kembali ke kondisi semula seperti sedia kala. Selain mengikuti aturan dan himbauan dalam berkendara selama PSBB, kamu sebaiknya juga harus melindungi mobil kesayanganmu dari berbagai risiko yang mengancam. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu dapat melindungi mobilmu dengan asuransi mobil terbaik. RaksaOnline siap menjadi pelindung mobilmu dalam berbagai situasi. Dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, RaksaOnline dapat menjadi pilihan yang tepat. Kemudahan dalam berasuransi menjadi salah satu hal yang diandalkan. Beli asuransi mobil? Ya, di www.raksaonline.com aja.