LAKUKAN INI AGAR KAMU TERHINDAR DARI AKSI PECAH KACA MOBIL


Lakukan Ini agar Kamu Terhindar dari Aksi Pecah Kaca Mobil

Di tengah penerapan PSBB pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, bukan berarti kita akan terbebas dari tindak kriminal dan kejahatan. Meskpiun sebagian besar kegiatan dan aktivitas keseharian hanya dilakukan di rumah, aksi kriminal terus mengintai. Bahkan para pelaku kriminial tidak segan untuk melancarkan aksinya di sekitar pemukiman, karena mereka pikir hal tersebut tetap merupakan peluang untu mendapatkan keuntungan.

 

Aksi pencurian, menjadi salah satu contohnya. Adapun motif pencurian yang saat ini sedang banyak dibahas, yaitu aksi pencurian mobil dengan cara memecahkan kacanya. Hal ini sedikt-banyak akan membuat resah para pemilik mobil, tak terkecuali bagi pemilik mobil yang memarkirkan mobilnya di pekarangan rumah. Untuk mengantisipasi agar tindak pencurian mobil ini tidak menimpa kita, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dan dilakukan oleh pemilik mobil.

 

Pemilik mobil sebaiknya menghindari parkir mobil di tempat yang sulit terjangkau atau jauh dari keramaian. Anjuran ini terkesan klise, tapi efektif untuk dilakukan. Para pencuri mobil akan lebih tenang dalam melancarkan aksinya jika objek yang akan menjadi targetnya berada jauh dari jangkauan. Terlebih lagi, jika kamu memarkir mobil pada malam hari. Pilih lokasi yang memiliki penerangan baik. Bukan hanya itu, jika kamu memang harus memarkir mobil di tempat umum, pilihlah lokasi yang terjangkau oleh kamera pengaman (CCTV), karena dengan begitu proses pemantauan mobil akan lebih terjamin.

 

Selain itu, jangan letakan barang-barang di area dalam mobil yang mudah terjangkau oleh padangan dan tangan, terlebih jika barang-barang tersebut berharga. Bawa barang berharga kamu saat akan menginggalkan mobil, meskipun kamu hanya keluar sebentar. Jangan pernah meremehkan hal ini, karena kelengahan yang kamu lakukan akan dapat menjadi peluang dan kesempatan bagi para pencuri.

 

Kamu juga dapat melengkapi perlindungan keamanan mobilmu dengan beberapa hal, mulai dari kaca film dengan tingkat visibilitas tertentu hingga pemasangan alarm. Sebagai referensi, kamu dapat menggunakan kaca film dengan tingat visibilitas 60%. Dengan tingkat visibilitas setingkat ini, jangkauan pengelihatan ke dalam mobil akan berkurang, namun tetap membuat pengendara dan penumpang mobil tetap nyaman saat melihat ke luar. Kamu juga dapat melengkapi bagian kaca mobilmu dengan tirai. Menambahkan tirai akan semakin membuat jangkauan pandangan ke dalam mobil semakin berkurang. Selain itu, seperti yang telah disebutkan di atas, menambahkan alarm juga menjadi salah satu cara meningkatkan keamanan dan menjauhi kejahatan. Suara bising yang akan berbunyi saat terjadi sesuatu terhadap mobil, akan memancing orang di sekitar, membuat panik dan menggagalkan aksi para pelaku kejahatan.

 

 

Saat memarkir mobil, jangan tutup penuh kaca mobilmu. Beri jarak atau celah kira-kira 1 cm agar mobil tidak kedap dan masih memiliki sirkulasi dengan udara luar. Kondisi kaca mobil yang bercelah seperti ini akan mengurangi dan menghambat aksi pencurian dengan metode pecah kaca mobil seperti ini. Pencuri akan kesulitan untuk memecahkan kaca mobilmu karena mobilmu tidak kedap udara. Cara ini akan berhasil jika pencuri menggunakan pecahan busi untuk melancarkan aksinya. Sekali lagi, cara ini bukannya untuk mencegah pemecahan kaca mobil, tetapi cara untuk menyulitkan para pencuri dalam melancarkan aksinya.

 

Empat langkah di atas dapat kamu jadikan acuan dalam menjaga keamanan mobilmu agar terhindar dari aksi pencurian dengan modus pecah kaca seperti yang mulai marak terjadi saat ini. Kamu dapat melengkapi keamanan mobilmu dari aksi pencurian dengan menambahkan asuransi mobil yang dapat menjamin risiko pencurian. Fitur atau jaminan pencurian ini dapat kamu temukan jika kamu mengasuransikan mobilmu di RaksaOnline. Melakukan pencegahan beberapa pencegahan agar terhindar dari pencurian mobil merupakan hal yang bijak, tapi akan semakin bijak jika kamu menyempurnakan pencegahan tersebut dengan RaksaOnline. Lindungi mobil dari pencurian? Ya, dengan RaksaOnline.com aja.