MANFAATKAN APLIKASI INI UNTUK TETAP BISA BERSILATURAHMI DI HARI YANG FITRI


Manfaatkan Aplikasi Ini  untuk Tetap Bisa  Bersilaturahmi di  Hari yang Fitri

Idulfitri menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di mana pun. Hal ini karena pada momen ini, berkumpul bersama orang-orang tersayang, bercengkrama dengan orang-orang tercinta, bermaaf-maafan dengan orang-orang terdekat. Namun, pada lebaran kali ini ada sesuatu yang beda. Perbedaan tersebut terjadi karena saat ini kita sedang berada di masa pandemi. Masa-masa kita sebaiknya untuk tetap #dirumahaja dan mengurangi aktivitas yang harus berkecimpung dengan orang banyak.

 

Lebaran tanpa bersua, tampak kurang untuk dilakukan. Untuk menyiasati hambatan tersebut, dan dengan dibantu oleh hasil perkembangan teknologi, bersua tapi tidak perlu bertatap langsung, menjadi mungkin untuk dilakukan. Kami telah merangkum beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk tetap bisa bersilaturahmi di hari yang fitri tanpa harus keluar dari rumah untuk bertemu sanak famili.

 

Zoom

Aplikasi asal negeri Tiongkok ini menjadi sangat popular ketika Covid-19 mewabah hingga saat ini. Ada beberapa keunggulan aplikasi ini, di antaranya, yaitu menghasilkan kualitas video yang bagus (HD), mendukung berbagai platform, bisa menjadi wadah untuk berbagi konten (foto, video, dokumen). Selain itu, saat menggunakan zoom, pengguna dapat berganti tema atau background mereka. Hal tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi penggunanya.

 

Berbagai aplikasi ciptaan Google

Ada beberapa aplikasi ciptaan Google yang bisa kamu pilih, di antaranya Google Duo, Google Meet, dan Google Hangout. Ketiga aplikasi tersebut mempunyai kelbihannya masing-masing. Misalnya, Google Duo selain didukung dengan kualitas video HD, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur berbagai pesan video dengan efek-efek keren, dapat menghubungkan berbagai OS dalam sekali panggilan, dapat tersambung hingga 8 orang, dan yang paling penting gratis.

 

Lain halnya dengan Google Meet, aplikasi ini kebanyakan digunakan oleh pekerja kantoran dan pegawai ketika mereka melakukan work from home. Selain itu, user interface yang ditawarkan oleh aplikasi ini sangat ringan dan sederhana, dapat terhubung dengan 100 orang sekaligus per panggilan untuk pengguna basic, 150 orang untuk pengguna business,  dan 260 orang per meeting untuk pengguna enterprise.

 

Sedangkan untuk Google Hangout, jika kamu sering mengalami gangguan dengan sinyal dan koneksi yang tidak stabil, pilihan Google Hangout merupakan hal yang tepat karena aplikasi ini telah didukung dengan teknologi web real-time communication yang dapat membuat panggilanmu anti terputus-putus secara tiba-tiba saat koneksimu sedang kurang baik. Selain itu, dapat digunakan untuk mengirim SMS dan MMS secara gratis. Privasi pengguna menjadi hal yang penting untuk dipikirkan, dan jika kamu setuju dengan pendapat ini, maka pilihan untuk menggunakan Google Hangout menjadi tepat rasanya.

 

WhatsApp

Sudah tidak perlu diragukan lagi kepopularan WhatsApp saat ini. Selain menjadi salah satu platform penyedia layanan berbagi pesan instan terbaik saat ini, WhatsApp juga terus mengembangkan layanannya. Seperti saat pandemi ini, sebelumya pengguna WhatsApp hanya bisa melakukan panggilan ke maksimal 4 orang sekaligus, namun karena dirasa masih kurang, WhatsApp menambahkannya menjadi 8 orang. Kabar yang terbaru menyebutkan bahwa saat ini WhatsApp tengah mengembangkan layanannya untuk dapat melakukan ke 50 orang sekaligus. Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini, dan segan untuk mempelajari aplikasi baru, maka WhatsApp menjadi pilihan yang tepat.

 

Beberapa rekomendasi aplikasi di atas dapat menjadi pilihanmu untuk dapat terhubung dan bersua secara daring dengan orang-orang terkasih di momen yang fitri ini. Bersua secara daring seperti ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghambat penyebaran Covid-19 yang masih tinggi angka penyebarannya, namun kamu masih ingin tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Selamat berlebaran, selamat bersua secara online. Tidak lupa, RaksaOnline ucapkan selamat Idulfitri 1441 Hijriah. Mohon maaf lahir batin.