HAI, PENGENDARA PERHATIKAN INI SAAT ATURAN NEW NORMAL DIBERLAKUKAN


Hai, Pengendara  Perhatikan Ini Saat  Aturan New Normal  Diberlakukan

PSBB yang beberapa waktu ini diberlakukan sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19, akan segera berganti dengan kondisi baru yang disebut new normal. Sebuah era baru yang membuat manusia tetap beraktivitas normal seperti sebelumnya, namun tetap harus memperhatikan protokol dan aturan kesehatan. Yang menjadi pertanyaan, seperti apa protokol kesehatan yang diterapkan saat memasuki new normal nanti? Lalu bagaimana dengan mereka yang harus beraktivitas dengan kendaraan pribadi? Apakah juga ada protokol atau aturan serupa?

 

Menjawab pertanyaan tersebut, protokol kesehatan yang diterapkan saat memasuki new normal nanti dalam aktivitas sehari-hari manusia, tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan saat PSBB. Penggunaan masker saat keluar rumah, selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya (sesuai pedoman yang benar) atau menggunakan hand sanitizer, selalu menjaga jarak antarindividu masih tetap diberlakukan. Menjadikan hal-hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan merupakan hal yang bijak dan tepat, sehingga manusia tidak merasa lagi hal tersebut sebagai sebuah aturan yang mengikat.

 

Lalu bagaimana jika kamu merupakan seorang pengendara, apa yang harus dilakukan dan diperhatikan saat memasuki new normal nanti? Terkait hal ini masih dirumuskan dan disusun oleh pihak-pihak berwenang tentang bagaimana protokol berkendara yang harus diikuti. Akan tetapi, tampaknya protokol atau aturan berkendara tersebut tidak jauh berbeda dengan aturan yang diberlakukan saat PSBB ini. Misalnya, pengendara dan penumpang harus menggunakan masker di dalam mobil, selalu menjaga dan memperhatikan kapasitas maksimal orang, yaitu 50% dalam sekali angkut, kemudian selalu menjaga kebersihan mobil dengan rutin membersihkannya ketika selesai digunakan, dan tidak berkendara jika suhu badan tidak normal.

 

Jika berpacu pada pedoman PSBB, hal-hal tersebut yang sebaiknya harus diperhatikan oleh pengendara saat beraktivitas di new normal nanti. Seperti apa ketentuan resminya, akan diumumkan pada saat aturan ini diberlakukan. Akan tetapi, meskipun nanti akan berkativitas normal di tengah situasi seperti ini, sebagai individu yang mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, sudah seharusnya tetap mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Jika nantinya ada penyesuaian aturan, tetap bijak untuk menaatinya. Hal ini agar persebaran Covid-19 tidak menjadi bumerang saat era normal baru nanti.

 

Tetap dan selalu jaga kebersihan dan kesehatan. Tetap dukung pihak-pihak yang telah berjuang dalam memerangi Covid-19 ini dengan mengikuti aturan dan pedoman yang telah diterapkan. Seperti RaksaOnline yang tetap dan selalu mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 ini dengan memberikan informasi-informasi tentang Covid-19 di berbagai lini media sosial, seperti Instagram, YouTube, dan Facebook Fanpage. Disampaikan oleh Miss Raksa yang menyampaikan berbagai ilustrasi tentang tindakan yang sebaiknya dilakukan ketika terjadi sesuatu saat pandemi ini. Selengkapnya dapat dicek YouTube RaksaOnline: https://raksaonline.com/s/LKu37Xa/ dan di media sosial RaksaOnline lainnya.