SAAT ADA DI DUA PILIHAN, BELI MOBIL TUNAI ATAU KREDIT (1)


Saat Ada di Dua Pilihan, Beli Mobil Tunai atau Kredit (1)

Bagi banyak orang, memiliki mobil, terlebih mobil yang sudah diidam-idamkan menjadi salah satu kehabagiaan dan kebanggaan. Terlebih jika kamu menyadari bahwa ada perjuangan yang tidak mudah saat kamu harus mewujudkan mimpi itu. Akan tetapi, sebelum menentukan untuk memiliki si mobil impian, calon pemilik mobil dihadapkan pada dua pilihan. Pilihan pertama, yaitu membeli mobil secara tunai, dan pilihan yang kedua, yaitu membeli mobil dengan sistem cicilan.

Tak mudah untuk memutuskan dua pilihan tersebut, selalu ada pertimbangan yang akan memiliki konsekuensinya masing-masing. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kami infokan plus-minus dari dua pilihan tersebut. Ini dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan skema pembelian mobil impianmu.

 

Membeli mobil secara tunai

Bagai dua sisi, selalu ada sisi positif dan negatif dalam setiap hal. Begitu pula dengan membeli mobil secara tunai, yang dalam hal ini akan kami informasikan kelebihan dan kekurangannya.

Setidaknya terdapat empat keuntungan yang akan kamu raih saat memutuskan untuk membeli mobil secara tunai. Keuntungan pertama, yaitu kamu akan terbebas dari belenggu dan pikiran hutang. Tak bisa dipungkiri bahwa hutang dan cicilan mobil akan membuat beban pikiranmu bertambah, terlebih jika kamu memilih metode cicilan mobil dengan tenor yang lama. Keuntungan kedua yang dapat kamu rasakan, yaitu kamu akan mempunyai kebebasan untuk mengalihkan kepemilikian mobil kamu kapan pun. Ketika kamu berniat menjual mobil kamu, maka kamu tidak perlu melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak leasing. Hal tersebut akan banyak menyita waktumu. Ketiga, kamu tidak akan terdampak naiknya suku bunga yang bisa melonjak seiring perkembangan waktu. Bukan hanya tidak akan terdampak dengan lonjakan suku bunga, tapi dengan membeli mobil secara tunai, maka kamu akan terbebas dari penuruan nilai mata uang (inflasi). Keempat, keuntungan ini bisa kamu dapat sewaktu-waktu, misalnya kamu membeli mobil di momen-momen tertentu, maka berbagai diskon akan kamu nikmati. 

Sementara itu, membeli mobil secara tunai juga memiliki kekurangan. Pertama, uang yang kamu miliki akan berkurang dalam jumlah besar sekaligus guna pembelian mobil tersebut. Terlebih lagi jika uang yang kamu gunakan untuk membeli mobil merupakan uang daruratmu. Selain dana yang berkurang secara tiba-tiba dalam jumlah besar, pikiranmu juga akan terbebani meskipun sesaat. Kedua, jika kamu membeli mobil secara tunai, maka kamu tidak akan mendapat asuransi mobil, karena asuransi mobil hanya disediakan oleh leasing saat kamu memilih metode pembayaran kredit. Oleh karena itu jika kamu menginginkan perlindungan asuransi mobil, maka kamu harus mencarinya sendiri.

 

Demikian keuntungan dan kekurangan yang akan kamu rasakan saat membeli mobil secara tunai. Lalu bagaimana dengan membeli mobil secara kredit? Bagaimana keuntungan dan kekurangan yang mungkin akan dialami?