SAAT ADA DI DUA PILIHAN, BELI MOBIL TUNAI ATAU KREDIT (2)


Saat Ada di Dua Pilihan, Beli Mobil Tunai atau Kredit (2)

Jika pada tulisan sebelumnya telah disampaikan tentang kelebihan dan kekurangan membeli mobil secara tunai, maka pada tulisan ini kami informasikan tentang kelebihan dan kekurangan membeli mobil secara kredit. Tidak sedikit orang yang bergantung pada sistem kredit ini, untuk mewujudkan impiannya mempunyai mobil idaman mereka. Banyak anggapan di luar sana yang mengatakan kredit itu menjadi jalan yang tepat karena uang yang digunakan untuk membeli mobil tidak keluar sekaligus, seperti yang terjadi ketika membeli mobil secara tunai. Jika hal tersebut menjadi salah satu kelebihan membeli mobil secara kredit, mungkin banyak orang yang akan setuju. Lantas apa lagi? Lalu bagaimana dengan kekurangannya?

 

Membeli mobil secara kredit

Seperti yang telah disampaikan sekilas di atas, yaitu membeli mobil secara kredit secara tidak langsung mengurangi pengeluaran uang dalam jumlah besar sekaligus. Calon pembeli mobil diminta untuk menyiapkan sejumlah uang sebagai DP mobil tersebut. Besarannya sekitar 20-30% dari total harga mobil. Bahkan ada kabar terbaru yang mengatakan bahwa besaran DP mobil akan ditingkatkan menjadi 40%. Sebenarnya semakin besar DP mobil yang kamu bayarkan, maka akan meringankan beban cicilanmu di kemudian hari. Atau dengan kata lain, membeli mobil secara kredit dapat membantumu memiliki mobil impian dengan dana yang tidak terlalu besar. Selain itu, membeli mobil secara kredit juga dapat memudahkanmu dalam mendapatkan perlindungan asuransi mobil terbaik – yang ditawarkan oleh leasing tempatmu mengajukan kredit – jadi kamu tidak perlu bingung menentukan asuransi yang akan melindungi mobilmu. Perlindungan asuransi mobil tersebut akan bisa kamu rasakan selama periode cicilan mobilmu berlangsung. Saat cicilanmu sudah selesai, maka perlindungan asuransi mobil yang ditawarkan oleh leasing juga akan selesai. Itu tandanya kamu harus mencari asuransi mobil sendiri, dan kamu bisa jatuhkan pilihanmu ke RaksaOnline. 

Jika beberapa hal di atas merupakan kelebihannya, lalu bagaimana dengan kekurangannya? Seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya, yaitu selalu ada dua sisi, maka jika membicarakan keuntungan tentu ada kekurangan dari sistem kredit ini. Pertama, kamu akan mendapatkan angka beban pengeluaran setiap bulannya yang akan bertambah. Pertambahan beban pengeluaran ini akan menjadi semakin terasa ketika kamu tidak memperhitungkan secara matang kemampuan finansialmu. Selain itu, jika nominal cicilan per bulannya (hingga periode cicilan selesai) ditambah dengan DP yang kamu keluarkan, maka akan menghasilkan total harga mobil yang jauh lebih tinggi. Terakhir, jika pembayaran cicilan mobilmu terhenti atau macet pembayaran, maka mobilmu akan terancam ditarik oleh pihak leasing, dan pembayaran yang telah kamu lakukan sebelumnya akan menjadi sia-sia.

 

Demikian keuntungan dan kelebihan membeli mobil baik secara tunai atau pun secara kredit. Pilihlah metode pembayaran mobil yang cocok dengan kondisi dan keadaanmu. Jangan sampai niat mempunyai mobil impian akan menjadi penghalangmu di hari kemudian. Jika kamu sudah memiliki mobil impian, jangan lupa untuk memberikan perlindungan dari asuransi mobil terbaik. Jangan sampai jerih payahmu untuk mempunyai mobil impian akan kacau ketika mobilmu tidak diberikan perlindungan. Pilih RaksaOnline sebagai asuransi mobil pilihanmu. Pilih asuransi mobil? Ya, raksaonline.com aja.