BERASURANSI ATAU TIDAK ITU PILIHAN, TAPI COBA PIKIR LAGI


Berasuransi atau Tidak itu Pilihan, tapi Coba Pikir Lagi

Segala aspek dalam kehidupan merupakan pilihan yang harus dijalani atau ditinggali, seperti berasuransi. Berasuransi sejatinya dapat menjadi cara untuk menenangkan diri atas berbagai risiko yang mungkin terjadi, terhadap suatu hal berarti yang kita miliki. Akan tetapi, alasan tersebut tampak belum kuat untuk meyakinkan mereka yang masih beranggapan “untuk apa berasuransi?”. Padahal, berbagai risiko ini dapat terjadi kapan pun dan dapat menimpa siapa pun. Jika itu yang masih terbesit bahkan tertanam di dalam pikiranmu, yuk pikir lagi. Melalui ilustrasi akan kasus-kasus yang sering terjadi, mari kita lakukan komparasi antara yang mereka berasuransi dengan yang tidak berasuransi. Lebih khusus, hal yang dibandingkan dalam hal ini, yaitu asuransi mobil. 


Seperti yang telah disampaikan sekilas di atas, risiko dapat terjadi menimpa siapa saja, seperti risiko pencurian mobil. Tak bisa dipungkiri, pencurian mobil memang sering terjadi. Mulai dari pencurian bagian-bagiannya atau spare part mobil tersebut, hingga pencurian mobil secara keseluruhan, yang menyebabkan mobil hilang dari tempatnya diparkirkan. Jika ini sudah terjadi, lantas akan terlihat jelas seperti apa sikap dan pembawaan diri dari mereka yang mengasuransikan mobilnya dengan yang tidak berasuransi. 


Bagi mereka yang memiliki perlindungan asuransi mobil, kejadian pencurian mobil seperti di atas tidak akan membuat kepanikan yang berlebihan, pun dari segi finansial, karena kerugian finansial yang ditimbulkan dari kejadian pencurian tersebut akan sepenuhnya diganti dan dijamin oleh pihak asuransi. Namun, bagaimana dengan sebaliknya? Mereka yang tidak mengasuransikan mobilnya apakah juga akan merasakan “peace of mind”? Jawabannya tidak. Sekarang mari kita lihat asumsi dan analoginya pada tokoh A dan B. A merupakan seseorang yang berpendapat bahwa asuransi itu penting, sedangkan B merupakan seseorang yang tak acuh dengan asuransi.


Kala itu A dan B sama-sama membeli mobil baru dengan tipe yang sama dengan harga Rp250.000.000. Oleh karena A menganggap asuransi itu penting, maka ia langsung melindungi mobil barunya dengan asuransi mobil pilihannya, walaupun ia harus mengeluarkan biaya untuk membayar premi sekitar 5-6 juta rupiah per tahunnya. Sedangkan B, tidak mau mengeluarkan uang untuk mengasuransikan mobilnya, karena ia beranggapan bahwa mobilnya akan aman-aman saja, dan tidak akan ada kejadian yang merugikan dirinya. Pada tahun pertama memang tidak ada kejadian apa-apa, semuanya baik-baik saja. Pun pada tahun kedua. Di sini B merasa bahwa A hanya mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sia-sia, karena selama dua tahun A telah mengeluarkan uang sekitar 10 juta rupiah untuk membayar premi. Benarkah?


Di tahun ketiga, A masih mengasuransikan mobilnya, yang tandanya bahwa ia telah mengeluarkan uang sekitar 15 juta rupiah selama tiga tahun ke belakang untuk melindungi mobilnya. Tapi, sayangnya sebuah kejadian yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, terjadi. B mengalami pencurian mobil yang mengakibatkan ia harus kehilangan mobilnya. B panik, resah, dan bingung harus bagaimana, serta harus bergantung pada siapa atas kerugian yang dialami. Perkiraan kerugian finansial yang dialami oleh B, yaitu ratusan juta rupiah. Lantas siapa yang dapat menanggung kerugian finansialnya yang dialami B tersebut? Jawabannya, ya dirinya sendiri.


Jika, kejadian tersebut juga menimpa A, apakah dia akan panik, resah, dan bingung? Jawabannya, tidak. Hal ini karena risiko pencurian mobil akan dijamin dan ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi mobil yang A pilih. A hanya perlu mengajukan klaim ke pihak asuransi, tentunya dilengkapi dengan beberapa dokumen yang menunjukan mobil A hilang akibat pencurian. Tak lama, A akan mendapatkan pergantian senilai harga kendaraannya. Jika sudah seperti ini, lantas apakah masih beranggapan bahwa yang dilakukan A untuk mengasuransikan mobilnya merupakan sebuah kesia-siaan?


Jika kamu mempunyai mobil, dan tidak mau mengalami kerugian finansial seperti yang dihadapi oleh B, maka ada baiknya kamu melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil yang tepat seperti RaksaOnline. Berbagai fitur perlindungan yang dihadirkan oleh RaksaOnline sangat tepat untuk melindungi mobilmu. Cari asuransi mobil terbaik? Ya, di raksaonline.com aja.