BELI MOBIL BEKAS, GAK MASALAH KOK


Beli Mobil Bekas, Gak Masalah Kok

Memiliki mobil impian menjadi idaman hampir setiap orang. Terlebih jika mobil itu merupakan hasil penantian panjang dan jerih payah sendiri. Banyak orang yang mengira bahwa membeli mobil pertama itu sebaiknya yang baru. Tidak salah memang anggapan itu, tapi di luar hal tesebut banyak juga yang berfikir untuk membeli mobil bekas. Berbeda dengan membeli mobil baru yang terjamin setiap komponennya, membeli mobil bekas tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap calon pembeli. Berikut ada beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika akan membeli mobil bekas.

 

1.     Survei dan cek harga mobil yang akan dibeli

Langkah ini merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Kumpulkan daftar dan informasi tentang mobil yang akan kamu beli. Melakukan pendaftaran tersebut bisa kamu pilih dari berbagai laman yang menawarkan mobil bekas. Selain mengumpulkan dan membuat daftar mobil tersebut, hal penting selanjutnya yang sebaiknya kamu lakukan, yaitu membuat daftar harga mobil-mobil tersebut. Bandingkan harga yang ditawarkan oleh penjual. Setelah mendapatkan harga yang menurutmu sesuai, hal selanjutnya yang sebaiknya kamu pikirkan, yaitu bagaimana kamu membayarnya, tunai atau kredit. Jika kamu memutuskan untuk melakukan pembayaran mobil tersebut secara kredit, pastikan beban kredit yang harus kamu setiap bulannya.

 

2.     Lokasi pembelian

Membeli mobil bekas tidak bisa sembarangan, sebisa mungkin kamu membelinya di tempat pembelian mobil bekas yang tepercaya, atau jika kamu harus membeli mobil pada orang sebaiknya kamu periksa dengan seksama mobil tersebut, dan jangan sungkan untuk menanyakan berbagai hal tentang mobil tersebut untuk lebih meyakinkan dirimu. Intinya, baik kamu membeli mobil di tempat penjualan atau dengan orang, pastikan yang ditawarkan dan yang disampaikan meyakinkan.

 

3.     Eksterior dan interior mobil

Cek kondisi mobil menjadi keharusan yang selanjutnya. Hal ini relatif mudah dilakukan karena dapat dilihat secara langsung oleh matamu. Kamu bisa cek keseluruhan body mobil dari setiap sisi. Perhatikan jika ada penyok, gores, guratan, dan sejenisnya. Jangan sampai mata kamu terkecoh, jika memungkinkan periksa dan pastikan body mobil tersebut lebih dari sekali. Jangan sampai kamu baru tahu ada kekurangan fisik pada mobil tersebut setelah transaki dilakukan. Begitu pula dengan interior mobil tersebut, pastikan setiap bagian memiliki keadaan yang optimal, fitur-fitur pendukung berkendara berfungsi secara prima dan memiliki kondisi yang baik.

 

4.     Performa mesin

Sebagai pembeli mobil yang bijak, jangan pernah hanya berpatokan pada kondisi body mobil yang mulus, cek juga performa mesin mobil tersebut. Pastikan mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak, bahkan hingga kondisi sistem pengereman masih baik atau tidak. Salah satu cara mengetahui mesin baik atau tidak dari suara mesin mobil tersebut.

 

5.     Ajak kenalan yang paham mobil

Jika kamu merupakan orang yang baru pertama kali beli mobil, atau kamu kurang paham tentang seluk-beluk mobil, jangan segan untuk mengajak teman atau kenalan kamu yang paham tentang mobil. Dengan begitu kemungkinan kamu akan menghadapi kebingungan dalam mengecek kondisi mobil tersebut akan berkurang. Justru dengan mengajak kenalan kamu akan mendapatkan masukan atau pendapat tentang mobil tersebut.

 

6.     Asuransi

Bertanya tentang asuransi tentang mobil yang akan kamu beli juga tidak menjadi masalah. Apakah mobil yang akan kamu beli masih memiliki perlindungan asuransi mobil atau tidak, kemudian pernah klaim asuransi atau tidak, hingga jenis perlindungan asuransi yang digunakan. Dengan mengetahui hal tersebut, secara tidak langsung kamu bisa mengetahui kondisi mobil tersebut, dari rekam jejak klaim asuransi mobil yang pernah dilakukan.

 

Ya, di atas merupakan beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan ketika akan membeli mobil bekas. Dengan memperhatikan setiap faktor, akan mengurangi potensimu mendapatkan kerugian atau kekecewaan saat membeli mobil bekas. Jika mobil impian tersebut sudah kamu dapatkan, jangan lupa untuk melindunginya dengan asuransi mobil terbaik. Melengkapi mobil dengan asuransi kendaraan dapat megamankan proses berkendaramu, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir tentang risiko yang mungkin dapat menimpamu. Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil RaksaOnline yang mempunyai berbagai fitur dan fasilitas. Beli asuransi mobil? Ya, di raksaonline.com aja.