MUSIM HUJAN MULAI TIBA, LINDUNGI MOBILMU SEKARANG JUG


Musim Hujan Mulai Tiba, Lindungi Mobilmu Sekarang Jug

Beberapa waktu ini wilayah Indonesia mulai dituruni hujan dengan intensitas ringan hingga besar. Hal ini sebagai tanda bahwa saat ini Indonesia tengah memasuki musim pancaroba, yang artinya sebentar lagi akan memasuki musim penghujan yang sebenarnya. Menurut prakiraan BMKG musim hujan di Indonesia akan terjadi pada bulan Oktober 2020. Mengetahui hal tersebut, sebagai sesuatu yang setiap tahun terjadi, ada baiknya kita mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi saat musim penghujan tiba. Air hujan misalnya, kandungan yang terdapat di dalamnya tidak sepenuhnya air murni, tapi ada kandungan kimia lain yang sedikit banyak akan berpengaruh pada manusia atau aset kita, contohnya pada mobil.

 

Kamu sebaiknya perlu mengetahui kandungan yang terdapat pada air hujan, dampaknya pada mobil, dan solusi untuk mengantisipasi serta mengatasi hal itu. Kepedulian pemilik mobil untuk memperhatikan hal ini sangat dibutuhkan, meskipun terlihat sederhana, namun jika terus dibiarkan maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi mobil.

 

Kandungan kimia yang terdapat pada air hujan salah satunya, yaitu asam. Jika kandungan asam itu terkena mobil atau besi, dan tidak ada upaya pembersihan dari pemilik mobil, atau dengan kata lain tetap dibiarkan hingga mengering bahkan terpapar panas matahari kembali, itu yang akan membawa dampak kurang bagus pada mobil. Ancaman berjamur hingga berkarat akan mengintai mobilmu jika tidak mendapat penanganan yang benar.

 

Setidaknya terdapat dua hal yang dapat kamu lakukan jika mobilmu terkena air hujan. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu mencucinya dengan air bersih. Mencuci mobil seperti ini dapat menjadi pilihan utama jika lokasimu saat itu memungkinkan untuk langsung mencuci mobil, misalnya mobilmu sedang terparkir di dekat rumah, atau dekat dengan car wash. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk langsung mencuci mobil dengan air besih, kamu bisa langsung mengelapnya dengan lap bersih sebagai langkah awal.

 

Dalam melakukan pembersihan dengan lap pun tidak bisa sembarangan, karena partikel-partikel seperti debu dan zat kimia yang tedapat dalam air hujan jika dilap secara sembarangan, akan meninggalkan jejak berupa goresan halus pada mobilmu. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu dapat memisahkan lap untuk masing-masing bagian mobil. Misalnya, lap untuk bagian body jangan digabungkan penggunaannya untuk mengelap kaca mobil. Hal tersebut untuk mengantisipasi partikel atau kotoran yang menempel pada lap body tersebut tidak meninggalkan jejak atau goresan pada kaca mobil.

 

Dalam membersihkan air hujan yang menempel pada mobil, jangan hanya fokus pada eksteriornya saja. Kamu juga sebaiknya memperhatikan cipratan air hujan yang mungkin masuk ke dalam mobil. Hal tersebut bisa terjadi jika kamu baru masuk mobil pada saat turunnya hujan. Ketika hal tersebut terjadi, kamu juga harus melakukan hal yang sama, yaitu membersihkannya dengan benar. Interior mobil yang berpotensi terkena, yaitu pada bagian jok mobil.

 

Dengan demikian perlu adanya kepekaan dari para pemilik mobil akan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi jika mobil terkena air hujan dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan sampai ketidakpekaan tersebut membawa kerugian pada mobil tersebut di kemudian hari. Selain itu kamu juga bisa memberikan perlindungan tambahan pada mobilmu dengan asuransi mobil terbaik. Kamu bisa jatuhkan pilihan pada RaksaOnline yang mempunyai berbagai fitur dan layanan terbaik dalam asuransi mobil. Kamu bisa langsung kunjungi www.raksaonline.com dan dapatkan tawaran terbaiknya. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk melindungi mobil kesayanganmu dari berbagai risiko dengan asuransi mobil RaksaOnline.