APA ITU RISIKO SENDIRI PER KEJADIAN?


Apa itu Risiko Sendiri Per Kejadian?

Saat akan mengajukan klaim asuransi untuk kendaraan, Anda berkewajiban untuk membayar sejumlah biaya risiko sendiri (Own Risk / OR). Besarnya OR untuk setiap kejadian adalah Rp300.000,00. Dalam satu peristiwa kecelakaan, bisa jadi mengandung lebih dari satu kejadian. Lalu, bagaimana cara menghitung jumlah kejadian yang terdapat dalam satu peristiwa?

Misalnya, terjadi suatu tabrakan beruntun di jalan tol. Pada kasus pertama, sebuah sedan berhenti mendadak sehingga menabrak kendaraan yang di depannya dan mengakibatkan kerusakan di bagian bumper depan. Kemudian, mobil lain dari belakang menabrak sedan tersebut dan mengakibatkan kerusakan pada bagian bumper belakang sedan. Dalam peristiwa ini terjadi 2 kejadian sehingga tertanggung harus membayar 2 OR atau senilai Rp600.000,00.

Pada kasus lainnya, sebuah sedan ditabrak oleh sebuah truk dari belakang sehingga mengakibatkan kerusakan pada bumper belakang sedan itu. Tubrukan yang kuat dari truk mengakibatkan mobil menyundul ke depan dan menabrak kendaraan lain yang ada di depannya. Berbeda dengan kasus sebelumnya, peristiwa ini hanya mengandung satu kejadian sehingga tertanggung hanya perlu membayar 1 OR atau senilai Rp300.000,00 karena kejadian tersebut digolongkan dalam satu rangkaian kejadian.

Risiko sendiri membantu tertanggung mengembangkan rasa tanggung jawab atas kendaraan miliknya. Hanya dengan membayarkan sejumlah kecil risiko sendiri, tertanggung akan diuntungkan karena pihak asuransi yang akan menggantikan kerugian yang lebih besar.

Ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai perhitungan risiko sendiri atau prosedur penutupan asuransi mobil melalui RaksaOnline? Kami senang menjawab pertanyaan Anda melalui telepon di 021 3859007-8 ext 2701 atau Whatsapp 0857 76 600 600 atau BBM 2705A158. RaksaOnline Anytime Anywhere With Our Smile.

Sumber Foto: http://bit.ly/1REMHPb