MITOS VS FAKTA DALAM HAL PERAWATAN MOBIL


Mitos vs Fakta dalam Hal Perawatan Mobil

Melakukan perawatan mobil sangat perlu dilakukan oleh setiap pengendara atau pemilik mobil. Hal ini berguna untuk menjaga kenyamanan dan keamanan kamu selama berkendara dengan mobil tersebut. Akan tetapi, di masyarakat masih banyak ditemui keadaan yang membuat kamu bingung. Yang pada akhirnya akan mempengaruhi kamu dalam mengambil keputusan tentang hal tersebut, yaitu haruskah diikuti atau hanya sekadar mitos belaka? Beberapa hal yang akan kami sampaikan ini menyangkut mitos yang beredar di masyarakat terkait perawatan mobil.

 

1.    Perawatan dan penggantian ban

Ban menjadi salah satu elemen penting pada sebuah mobil. Tanpanya, mobil tidak dapat melaju, bahkan jika ban mobil kurang angin maka laju mobil juga tidak akan maksimal. Oleh karena ini penting sekali untuk menjaga kualitas dan ketahanan ban mobil. Akan tetapi, ada beberapa anggapan di luar sana terkait perawatan ban mobil. Anggapan pertama, yaitu ban mobil akan bagus jika tekanan anginnya dimaksimalkan. Faktanya, anggapan tersebut hanya mitos, karena sebenarnya tekanan angin setiap mobil telah ditentukan standarnya oleh produsen mobil.

 

Anggapan kedua terkait penggantian ban mobil, yang dikatakan bahwa penggantian ban dilakukan sebelum alur ban menipis. Sebenarnya, penggantian ban dapat dilakukan ketika kondisinya sudah tidak memungkinnya. Salah satu indikatornya, yaitu jika ketebalan ban kurang dari 1 cm. Perlu diketahui pula oleh pemilik mobil, bahwa penggantian ban mobil tidak perlu dilakukan sekaligus, artinya pemilik mobil dapat melakukan penggantian ban secara parsial, dengan melihat faktor ketebalan ban tersebut.

 

2.    Perawatan dan pemanasan mesin

Melakukan perawatan mesin mobil merupakan hal penting yang harus dilakukan agar mesin selalu terjaga performanya. Akan tetapi, yang menjadi pertanyaannya, yaitu harus seberapa sering kah?

 

Masih ada anggapan yang menyebutkan bahwa mobil baru perlu melakukan perawatan rutin pada kurun waktu tertentu dilakukan agar garansinya tetap aktif. Akan tetapi, sebenarnya perawatan mesin dapat dilakukan dengan berpatokan pada buku manual penggunaan, bukan berdasarkan kurun waktu tertentu, misalnya ketika laju mobil sudah mencapai jarak tertentu, dan yang menjadi acuannya, yaitu akumulasi kilometer.

 

Selain itu ada pula anggapan bahwa memanaskan mobil perlu dilakukan beberapa menit sebelum mobil digunakan. Sebenarnya, mobil keluaran terkini sudah tidak memerlukan metode seperti itu lagi, karena mobil dapat langsung dikendarai tanpa harus dipanasi terlebih dahulu. Mesin mobil dapat dipanasi bersamaan dengan proses berkendara. Sebenarnya memanaskan mobil sebelum dikendarai kurang efektif. Kita asumsikan setiap kali memanasi mobil membutuhkan waktu 3 menit, maka jika diakumulasikan dalam jangka waktu panjang sudah berapa waktu dan bahan bakar (bensin) yang terbuang sia-sia.

 

 

3.    Penggantian oli

Mengganti oli mesin secara berkala menjadi hal rutin yang dilakukan setiap periodenya oleh pemilik mobil. Ada yang berpatokan pada kurun waktu tertentu, namun ada juga yang berpatokan pada satuan jarak tertentu. Bagi kamu yang berpatokan pada akumulasi jarak tempuh, maka pada saat menyetuh kilometer berapa kamu mengganti oli mobilmu? Banyak anggapan yang mengatakan bahwa mengganti oli mesin dilakukan saat sudah menyentuh jarak 5.000 km. Anggapan tersebut rasanya kurang tepat, karena penggantian oli mesin – terlebih untuk oli sintentik terbaru – dapat dilakukan jika sudah menempuh jarak 10.000 km, bahkan bisa mencapai 12.000 km. Jika kamu sudah mengganti oli pada jarak 5.000 km penggunaan, itu artinya secara ekomoni kamu boros dua kali lipat. Sangat disayangkan, bukan?

 

Sudah terjawab kan beberapa anggapan yang ada di masyarakat tentang perawatan mobil. Dengan perawatan mobil yang benar dan tepat, dapat menghasilkan proses berkendara yang nyaman dengan kondisi mobil yang prima, dan masa guna pakai mobil tersebut juga akan menjadi lebih lama. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan perlindungan asuransi mobil untuk mobil tersebut. Dengan adanya perlindungan asuransi mobil, maka proses berkendaramu akan semakin nyaman. Untuk itu, segera lengkapi mobilmu dengan asuransi mobil RaksaOnline. Dilengkapi dengan berbagai fitur layanan yang prima, RaksaOnline siap melindungi mobilmu. Butuh asuransi mobil? Ya, raksaonline.com aja.