5 SIASAT UNTUK MEMBELI MOBIL PERTAMA KALI


5 Siasat untuk Membeli Mobil Pertama Kali

Mempunyai mobil pertama merupakan sesuatu yang istimewa, karena itu akan menjadi momen yang mengesankan. Terlebih jika mobil pertama tersebut dibeli dari hasil jerih payah, dan sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Oleh karena itu biasanya calon pembeli mobil akan memilih yang terbaik dalam berbagai hal, mulai dari mobil terbaik, aksesori mobil terbaik, hingga asuransi mobil terbaik akan menjadi hal yang memerlukan pertimbangan.

Akan tetapi, yang menjadi dilema, yaitu calon pembeli mobil pertama merupakan orang yang kurang paham tentang mobil. Hal ini akan membingungkan calon pembeli mobil, dan akibatnya akan berdampak pada munculnya kesalahan dalam menentukan pilihan mobil. Tidak mau seperti itu, kan? Atas dasar itu kami telah merangkum beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh calon pemilik mobil sebelum membeli mobil pertama mereka.

 

1. Jenis mobil apa yang akan dibeli?

Ini menjadi pertimbangan awal bagi calon pembeli mobil, yaitu pilihan jenis mobil yang tepat. Selain itu, ini juga berhubungan dengan untuk apa dan siapa mobil tersebut dibeli? Beberapa jenis mobil yang kerap dibeli, yaitu di antaranya SUV, MPV, sedan, sport, coupe, dan lainnya. Setiap jenis mobil mempunyai karakter dan spesifikasi masing-masing. Misalnya, kamu membutuhkan mobil untuk bepergian dengan keluargamu, maka jika kamu memilih mobil jenis sport atau coupe itu akan menjadi pilihan yang keliru. Sebaiknya kamu memilih mobil jenis MPV atau SUV.

 

2. Sudah pernah test drive?

Mengetahui “rasa berkendara” mobil yang akan menjadi pilihanmu menjadi hal yang sebaiknya diterapkan. Jika memungkinkan, kamu bisa lakukan test drive ini untuk beberapa jenis mobil. Dengan melakukan hal ini kamu dapat mengetahui jenis mobil mana yang paling cocok untukmu.

 

3. Apa sudah menentukan asuransi mobil yang bagus?

Setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia selalu ada risikonya, termasuk dalam berkendara. Oleh karena itu, untuk melindungi mobil barumu dari berbagai risiko selama berkendara, sebaiknya kamu menambahkan perlindungan asuransi mobil. Salah satu asuransi mobil yang bagus, yaitu RaksaOnline karena dilengkapi dengan berbagai fitur dan layanan yang prima.

 

4. Mau bayar dengan cara kredit atau tunai?

Jika sudah menentukan mobil mana yang akan kamu beli, maka hal lain yang sebaiknya juga dipikirkan, yaitu metode pembayaran. Jika memutuskan untuk membeli mobil secara kredit kamu harus siap dengan beban tagihan setiap bulannya, namun biasanya mobil yang dibeli dengan cara kredit sudah mendapat tambahan perlindungan asuransi, jadi kamu tidak perlu repot mencari asuransi mobil terbaik. Sedangkan jika membeli mobil secara tunai, uang yang kamu miliki akan habis seketika dalam jumlah besar. Akan tetapi, keuntungan yang akan kamu dapatkan selain terbebas dari beban tagihan, yaitu kamu bisa dengan bebas mengalihkan kepemilikan mobil tersebut kepada pihak lain, tanpa harus berkoordinasi dengan leasing.

 

5. Bengkel resmi dan spare part-nya mudah dicari, kan?

Sebagai benda yang sering digunakan dalam keseharian, dan mobil terdiri dari berbagai ornamen dan spare part mobil yang memiliki daya guna pakai untuk periode tertentu, maka sudah menjadi keharusan bagi pemilik mobil untuk melakukan pemantauan dan perawatan setiap bagian mobil tersebut. Setiap pemilik mobil selalu berharap mendapat tempat terbaik untuk melakukan perawatan mobil, yaitu di bengkel resmi. Selain itu, faktor ketersedian spare part mobil juga harus menjadi pertimbangan bagi pemilik mobil pertama. Hal ini untuk memudahkan pencarian spare part mobil tersebut jika dibutuhkan. Sebisa mungkin untuk membeli mobil yang spare part-nya mudah ditemui.

 

Demikian beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh calon pemilik mobil pertama. Selalu pertimbangkan dengan matang setiap hal yang berkaitan dengan mobil yang akan kamu beli. Kurangi risiko kesalahan dalam mengambil keputusan merupakan sesuatu yang bijak, karena membeli mobil membutuhkan uang yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jadilah pemilih yang bijak.