“MAU KLAIM ASURANSI MOBIL TLO AJA SUSAH”


“Mau Klaim Asuransi Mobil TLO Aja Susah”

“Mobil saya rusak parah gini kok gak bisa klaim TLO sih?”

 

Mengalami kejadian atau kecelakaan yang dampaknya mengakibatkan kerugian, baik secara finansial atau secara fisik bukan sesuatu yang diharap-harapkan terjadi. Akan tetapi, jika hal tersebut benar terjadi, tentu perlu ada upaya yang harus dilakukan untuk mengembalikan kerugian tersebut menjadi kondisi seperti semula atau sesaat sebelum kejadian. Salah satu upaya yang bisa dilakukan, yaitu melalui asuransi yang berguna untuk melindungi diri dan barang berharga dari berbagai risiko. Berasuransi merupakan salah satu upaya preventif yang bisa dilakukan.

 

Mobil misalnya, menjadi salah satu daftar barang berharga yang bisa dilindungi melalui asuransi mobil. Setiap orang yang melakukan hal tersebut beranggapan bahwa mereka telah memilih asuransi mobil yang bagus. Akan tetapi, beberapa dari mereka justru merasa kecewa karena yang mereka harapkan tidak sesuai, contohnya ketika mereka melakukan pengajuan klaim asuransi TLO, namun tidak diterima, dan hanya bisa klaim sebagian saja.

 

Sebelum membahas lebih jauh, satu hal yang akan dijelaskan terlebih dahulu, yaitu apa yang dimaksud dengan TLO? TLO merupakan singkatan dari Total Loss Only, yang dalam ranah asuransi kendaraan bermotor diartikan sebagai salah satu jenis penutupan asuransi yang menjamin kerusakan dan/atau kerugian karena suatu peristiwa yang biaya perbaikan, penggantian, atau pemulihan kondisi keuangan seperti semula sesaat sebelum terjadinya kerugian dan/atau kerusakan sama dengan atau lebih dari 75% dari harga mobil. 


Selain itu, jika mobil hilang karena pencurian, termasuk pencurian yang dilakukan dengan upaya kekerasan atau ancaman kekerasan, maka risiko tersebut juga dijamin. Satu hal lagi yang sebaiknya juga diperhatikan oleh setiap nasabah, bahwa jika kerugian yang mereka alami tidak memenuhi persyaratan yang telah disebutkan, maka kerugian tersebut dianggap sebagai kerugian sebagian. Oleh karena itu, nasabah tidak bisa mengajukan klaim TLO.

 

Dengan demikian, setelah mengetahui penjelasan singkat di atas, dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan atas klaim TLO ketika tidak bisa diajukan. Selain yang telah disebutkan di atas, hal lain yang juga harus diperhatikan ketika akan mengajukan klaim asuransi, dan dalam hal ini merupakan asuransi TLO, yaitu kelengkapan berkas atau dokumen klaim asuransi yang dibutuhkan, dan laporan klaim yang sesuai dengan kejadian sebenarnya. Setiap nasabah Asuransi Raksa yang melakukan pengajuan klaim asuransi akan dibantu setiap prosesnya oleh Miss Raksa, hingga proses klaim selesai. Proses berasuransi akan jauh dari kesan berbelit dan membingungkan.