TIPS DAN TRIK MEMILIH LOKASI PARKIR SAAT MUSIM HUJAN


Tips dan Trik Memilih Lokasi Parkir Saat Musim Hujan

Salah satu keahlian yang dibutuhkan oleh setiap pengemudi mobil, yaitu bisa memakirkan mobil mereka. Ini tidak menjadi permasalahan yang besar jika pengemudi sudah sering atau mengetahui area mobil tersebut diparkirkan, karena pengemudi sudah mengetahui berbagai patokan dan celah dari lokasi parkir tersebut. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika lokasi parkir bukan merupakan lokasi yang asing? Tentu, keahlian memarkirkan ini sangat diperlukan. Keahlian dalam memarkirkan mobil ini tidak hanya perihal mengendalikan mobil, tapi juga bisa menentukan lokasi parkir yang tepat.

 

Terlebih saat ini merupakan musim hujan, dan memarkirkan mobil juga tidak bisa sembarangan. Berbgai potensi atau risiko yang mengancam mobilmu dapat terjadi, jika kamu tidak acuh atau bahkan semena-mena dalam menentukan lokasi parkir. Kami telah melah merangkum dari berbagai sumber yang menginformasikan lokasi parkir yang pas saat musim hujan.

 

Pertama, kamu bisa pilih lokasi parkir yang mudah kering, karena lokasi jika kamu memarkir mobil di tempat yang lembab, terlebih jika durasi parkir mobil kamu tidak sebentar, ada potensi timbulnya jamur pada mobil. Jamur yang timbul pada permukaan bodi mobil dapat menyebabkan permasalahan pada lapisan cat mobil. Selain itu, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa memarkirkan mobil di tempat lembab dapat menyebabkan timbulnya karat. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk parkir di tempat yang mudah kering agar risiko di atas dapat dihindari.

 

Kedua, hindari parkir mobil di dekat pohon besar, tiang listrik, dan papan reklame. Ketiga objek tersebut sangat berpotensi mengalami tumbang dan ambruk akibat hujan. Sebenarnya, bukan hujan menyebabkan ketiga objek di atas tumbang, melainkan angin kencang yang sering hadir saat hujan deras yang menjadi penyebabnya. Terlebih lagi adanya potensi sengatan listrik jika kamu parkir dekat tiang listrik. Potensi sengatan listrik tidak hanya datang dari tiangnya, karena kabel listirk yang mengalami gangguan juga sangat berisiko, bukan hanya pada mobil, tapi juga bagi pengemudi dan penumpang mobil tersebut.

 

Ketiga, hindari parkir di area cekungan. Ingat selalu prinsip air, yaitu mengalir atau mengisi daerah yang lebih rendah. Konsentrasi air hujan ke area cekungan akan menimbulkan genangan. Genangan air ini yang harus kamu hindari, terlebih jika mobil kamu terendam hingga setengah roda. Potensi air masuk ke dalam panel penting mobil ini harus kamu hindari. Jika tidak, air dari genangan yang kotor tersebut dapat merusak mobilmu. Untuk menghindari kejadian ini, kamu dapat memarkirkan mobil kamu di aera yang lebih tinggi.

 

Beberapa risiko di atas tentunya tidak kamu harapkan terjadi padamu. Kamu bisa bayangkan kerugian – terutama kerugian finansial – dapat menjadi ancamanmu. Risiko tersebut dapat kamu antisipasi dengan menambahkan perlindungan untuk mobilmu, yaitu melalui asuransi mobil yang bagus. Fitur-fitur dalam asuransi mobil comprehensive, dapat menjadi pilihanmu. Selain itu, untuk melindungi mobil dari risiko yang ditimbukan oleh angin kencang, seperti tertimpa pohon besar dan papan reklame, kamu dapat menambahkan perluasan jaminan asuransi, yaitu perluasan asuransi banjir. Oleh karena itu, selain bijak dalam menentukan lokasi parkir di musim hujan, kamu juga menambahkan perlindungan untuk mobilmu, yaitu dengan menambahkan perluasan banjir dari asuransi mobil terbaik.