PREMI ASURANSI MOBIL ALL RISK, APA SAJA KEUNTUNGANNYA?


Premi Asuransi Mobil All Risk, Apa Saja Keuntungannya?

Tidak hanya asuransi kesehatan atau jiwa, kita juga perlu memiliki asuransi untuk aset-aset berharga, salah satunya adalah untuk kendaraan seperti mobil. Dengan nilai yang cukup besar, mobil perlu memiliki proteksi yang tepat. Terlebih lagi, risiko yang dimiliki pun cukup tinggi seperti kecelakaan, kerusakan, hingga kehilangan. 

Sebenarnya, ada berbagai jenis asuransi yang bisa diterapkan untuk mobil yaitu All Risk yang selanjutnya akan disebut dengan asuransi mobil comprehensive dan Total Loss Only. Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan comprehensive dengan premi asuransi mobil yang lebih murah dengan nilai tanggungan yang lebih sederhana.

Mengenal Asuransi Comprehensive

Sesuai namanya, asuransi comprehensive mencakup setiap kerusakan yang terjadi pada mobil, selama kerusakan tersebut tercantum dalam polis asuransi.  Meski terkadang kita sudah hati-hati dalam berkendara, risiko kecelakaan minor masih tetap tinggi. Mobil bisa saja mengalami lecet, tergores, penyok, hingga kecelakaan yang mengubah bentuk mobil.

Namun begitu, salah satu syarat asuransi comprehensive adalah usia mobil yang tidak boleh lebih dari 10 tahun saat asuransi dibeli. Sebab, di atas itu, penyakit mobil akan lebih sulit ditangani dan risiko rusak lebih tinggi. 

Premi Asuransi Mobil All Risk

Sesuai dengan edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai premi asuransi mobil, setiap wilayah memiliki ketetapan sendiri yang dihitung berdasarkan harga kendaraan. Besarannya rata-rata tidak lebih besar dari 5%. Premi ini berlaku untuk hitungan All Risk tanpa layanan tambahan. Biasanya, layanan tambahan berupa asuransi jiwa atau perluasan pertanggung jawaban untuk bencana seperti banjir, gempa bumi, dan lain-lain.

Kategori

Harga Kendaraan

Wilayah I

Wilayah 2

Wilayah 3

Kategori 1

0 – Rp125 juta

3,82% – 4,20%

3,26% – 3,59%

2,53% – 2,78%

Kategori 2

>Rp125 juta - Rp200 juta

2,67% – 2,94%

2,47% – 2,72%

2,69% – 2,96%

Kategori 3

>Rp200 juta - Rp400 juta

2,18% – 2,40%

2,08% – 2,29%

1,79% – 1,97%

Kategori 4

>Rp400 juta - Rp800 juta

1,20% – 1,32%

1,20% – 1,32%

1,14% – 1,25%

Kategori 5

>Rp800 juta

1,05% – 1,16%

1,05% – 1,16%

1,05% – 1,16%

Keterangan:

  • Wilayah 1: Sumatera dan kepulauan di sekitarnya

  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten

  • Wilayah 3: Wilayah lain yang belum tercantum di Wilayah 1 dan Wilayah 2

Premi asuransi mobil tersebut adalah hitungan per tahun. Biasanya, premi untuk mbil memang dibayarkan langsung untuk satu tahun di awal hitungan tahun asuransi berjalan.  

Membeli Asuransi di Masa Pandemi

Pada dasarnya, diperlukan proses pemeriksaan atau survey sebelum nilai premi asuransi mobil kamu ditetapkan. Namun, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang membutuhkan layanan yang bisa didapatkan secara online. 

Untuk itulah, RaksaOnline hadir memberikan layanan online bagi para pemilik mobil yang ingin membeli asuransi tanpa harus keluar rumah. Kamu hanya perlu mengirimkan dokumen yang dibutuhkan, membayar premi sesuai nilai taksiran, kemudian menunggu hasil verifikasi dan dokumen asuransi dikirimkan langsung ke rumah. 

Dengan kemudahan yang ditawarkan, RaksaOnline bisa jadi solusi untuk kamu yang butuh asuransi mobil dengan cepat, terjangkau, dan efektif.