APA FAKTOR YANG MENENTUKAN PERHITUNGAN ASURANSI MOBIL?


Apa Faktor yang Menentukan Perhitungan Asuransi Mobil?

Memiliki asuransi yang dapat melindungi kendaraan dianggap sama pentingnya dengan asuransi kesehatan atau properti. Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang belum memahami perhitungan asuransi yang diberlakukan. Hal ini tak jarang menimbulkan kebingungan yang membuat kendaraan kamu urung diasuransikan.

Nah, agar bisa lebih memahami skema perhitungan asuransi kendaraan, kamu harus mengetahui dulu sejumlah faktor yang dijadikan pertimbangan utama. Berikut adalah beberapa faktor penentu besaran premi asuransi yang harus dibayarkan pemilik kendaraan.  

 

Tahun mobil

Salah satu poin penting yang menentukan besaran asuransi mobil, yaitu tahun produksi. Mobil yang diproduksi sejak lama dengan usia yang sudah tua memiliki hitungan premi yang lebih besar karena risiko kerusakan yang sama besarnya. Sebaliknya, mobil-mobil keluaran terbaru dengan risiko yang lebih rendah dapat membayar premi yang lebih ringan pula.

 

Harga mobil

Selain tahun produksi, perhitungan asuransi mobil juga ditentukan oleh nilai atau harga mobil tersebut. Prinsipnya, semakin tinggi harga mobil, maka akan semakin tinggi pula premi asuransi yang harus dibayarkan sang pemilik. Misalnya saja, mobil mewah dengan harga miliaran rupiah memiliki besaran premi yang besar karena asuransinya kerap mencakup perlindungan khusus untuk mobil mewah.

 

Domisili

Lokasi tempat kendaraan beroperasi juga turut menjadi faktor yang dipertimbangkan saat menentukan besaran asuransi mobil. Aturan ini sudah tercantum dalam surat edaran resmi Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Dalam aturan tersebut, penentuan premi asuransi dikategorikan menjadi tiga wilayah: 

  • Wilayah I untuk Pulau Sumatra dan kepulauan di sekitarnya

  • Wilayah II untuk Jakarta, Banten, dan Jawa Barat

  • Wilayah III untuk daerah-daerah lain di Indonesia yang tidak termasuk ke dalam Wilayah I dan II

Pada dasarnya, kendaraan yang beroperasi di Wilayah I memiliki besaran premi asuransi yang lebih besar dibandingkan Wilayah II dan III. Sementara itu, tingkat perhitungan yang paling kecil diberikan kepada kendaraan yang beroperasi di Wilayah III.

 

 Jenis asuransi dan perluasan yang dipilih

Selanjutnya, faktor yang tak kalah penting dalam menentukan perhitungan asuransi mobil adalah jenis asuransi yang dipilih. Kamu yang memilih asuransi jenis Total Loss Only (TLO) tentu akan membayar besaran yang berbeda dengan pemilik kendaraan yang memilih asuransi mobil all risk (yang dalam penyebutan selanjutnya akan disebut dengan asuransi mobil comprehensive)

Karena menghadirkan perlindungan secara menyeluruh (perlindungan tercantum dalam polis asuransi). Perhitungan tersebut sebanding dengan proteksi yang ditawarkan, meliputi perlindungan dari risiko kerugian akibat benturan, tabrakan, kebakaran, hingga pencurian. Sementara itu, asuransi jenis TLO hanya dapat diklaim jika kendaraan yang diasuransikan hilang atau mengalami kerusakan parah lebih dari 75% dari harga kendaraan, sesaat sebelum terjadinya kerugian.

Itulah beberapa faktor penting yang akan dipertimbangkan saat menentukan perhitungan asuransi. Kamu harus memahami sejumlah faktor tersebut sebelum memilih asuransi kendaraan tertentu. Dengan begitu, besaran premi yang harus dibayarkan pun akan sesuai dengan perlindungan yang diharapkan.