MENGENAL ASURANSI MOBIL COMPREHENSIVE: PENGERTIAN, JAMINAN, DAN KEUNTUNGANNYA


Mengenal Asuransi Mobil Comprehensive: Pengertian, Jaminan, dan Keuntungannya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah asuransi mobil comprehensive sebagai salah satu jenis perlindungan kendaraan. Seperti namanya, asuransi jenis ini menawarkan layanan yang komprehensif dengan cakupan luas dan lengkap. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengenal lebih jauh mengenai asuransi mobil comprehensive yang perlu kamu ketahui, termasuk pengertian, cakupan, dan berbagai keuntungannya.


Apa itu asuransi mobil comprehensive dan jaminan yang ditawarkan?

Asuransi mobil comprehensive merupakan suatu jenis asuransi yang memberikan perlindungan kendaraan secara menyeluruh. Asuransi ini tidak hanya diklaim saat mobilmu hilang atau rusak total, tetapi juga bisa melindungi kendaraan dari kerusakan ringan seperti lecet. Selengkapnya, asuransi mobil comprehensive mencakup kerugian finansial karena adanya tabrakan, benturan, tergelincir, terbalik. Atas latar belakang banyaknya jaminan kerugian yang ditawarkan dari berbagai risiko kerusakan, asuransi comprehensive juga dikenal pula dengan istilah asuransi all risk.

Jaminan perlindungan atas kerugian yang ditawarkan oleh asuransi mobil comprehensive ini memang luas. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diketahui oleh setiap pemegang polis atau nasabah asuransi mobil, yaitu asuransi mobil comprehensive menjamin seluruh kerusakan mobil atau kerugian finansial selama risiko tersebut tercantum dalam polis asuransi mobil. Jika, kerugian tersebut tidak disebutkan dalam polis, maka nasabah tidak dapat mengajukan klaim kerugian.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini kamu bisa menambahkan perluasan jaminan yang ditawarkan. Perluasan jaminan tersebut meliputi, perluasan jaminan banjir, gempa bumi, RSCC, kecelakaan diri, bengkel rekanan resmi, dan TJH pihak ketiga.


Keuntungan memilih asuransi mobil comprehensive

Karena cakupan perlindungannya yang luas dan menyeluruh, jenis asuransi comprehensive lebih banyak diminati oleh pemilik kendaraan roda empat. Secara umum, berikut merupakan beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh jenis asuransi ini.

 Proteksi luas yang dihadirkan oleh asuransi mobil comprehensive akan membuat kendaraanmu terlindungi secara lebih optimal. Kamu sebagai pemilik kendaraan pun akan merasa lebih tenang, aman, dan nyaman dalam berkendara.

 Tanpa asuransi comprehensive, pemilik kendaraan perlu memperbaiki sendiri jika mobilnya mengalami kerusakan tertentu yang tidak ditanggung. Ini berarti kamu pun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan. 

Demikian uraian ringkas mengenai serba-serbi asuransi mobil comprehensive. Informasi di atas bisa dijadikan salah satu panduan atau acuan jika kamu berniat memilih jenis asuransi ini sebagai perlindungan optimal untuk kendaraan roda empat yang dimiliki.